MODERNISASI PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA: PERBANDINGAN PENGALAMAN MUHAMMADIYAH DAN NAHDLATUL ULAMA
Keywords:
Pendidikan Islam, Modernisasi, Nahdatul Ulama, MuhammadiyahAbstract
Modernisai pendidikan adalah keniscayaan dalam perkembangan yang benitu cepat perkembangannya. Apalagi saat ini modernisasi pendidikan juga harus beradaptasi dengan perkembangan industri 4.1 dan industri 5.1. Realitas ini terlihat dari penerapan pendidikan selama ini masih ada bercorak dualisme sistem pendidikan, seperti adanya pendidikan kolonial Belanda dengan corak sekuralistik dan diskriminatif. Pada sisi lain masih banyak praktik system pendidikan yang banyak dibenahi. Tulisan ini berusaha menganalisa penerapan modernisasi pendidikan Islam yang dilakukan oleh dua organisasi terbesar sejagad yang ada di Indonesia yakni Nahdatul Ulama dan muhammadiyah. Menyoroti berbagai paradigm yang tidak lepas dari berbagai pemabahruan yang dilakukan dua organisasi ini terhadap perkembangan dunia pendidikan di masyarakat masyarakat yang multicultural dengan segala dimensinya. Hasil analisis menunjukkan bahwa aspek-aspek modernisasi Pendidikan yang dilakukan oleh Muhammadiyah dan NU untuk mensukseskan ide pembaharuan adalah dari segi tujuan, kurikulum, metode, sumber daya manusia dan kelembagaan. Kontribusi dan pengaruh Muhammadiyah dan NU juga telah menyentuh dunia pendidikan nasional dengan banyaknya lembaga pendidikan yang didirikan oleh kedua organisasi tersebut. Ide-ide pembaharuan juga bisa terealisasikan dengan baik, sehingga ummat muslim Indonesia memiliki ilmu pengetahuan sebagai bekal untuk menghadapi tantangan zaman.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Saripuddin Daulay

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.